Pesona Pantai Tasik Selatan Yang Belum Terungkap

Sahabat Style, Pantai ini memiliki terumbu-terumbu karang yang biasanya dimanfaatkan untuk bertelurnya ikan-ikan. Pantai Cipatujah merupakan pantai yang terpanjang dan terlebar di sekitar kawasan Pantai Selatan. Pantainya berpasir besi sehingga sangat baik dipergunakan untuk aktivitas menjemur diri dan melakukan aktivitas pantai lainnya. 
 
Keindahan pantai ini terlihat dari perpaduan hamparan pantainya yang landai, gelombang lautnya yang besar serta perkebunan kelapa yang sangat subur serta hamparan rumput dan ilalang yang luas. Oleh karenanya, pantai yang memiliki area lebih kurang 115 hektar ini kerap dimanfaatkan untuk kegiatan menggembala kambing dan hewan ternak lainnya oleh warga sekitar.

Pantai Cipatujah memiliki terumbu karang yang biasanya digunakan untuk bertelurnya ikan ikan. Fasilitas yang ada di Pantai Cipatujah ini ialah: telah dibangun kios kios wisata, area bermain anak anak, mesjid, penginapan dan area parkir yang cukup luas.

Salah satu kegiatan wisata yang rutin diselenggarakan di sini adalah balap munding (kerbau). Balap kerbau merupakan budaya tradisional yang berkembang sejalan dengan potensi daerah Cipatujah sebagai daerah peternakan kerbau. Balap kerbau sebenarnya acara para peternak kerbau dalam mengisi kebutuhan rekreasi mereka di saat-saat senggang, diiringi kesenian rakyat seperti kendang penca, buncis, dan dogdog.

Balap kerbau berkaitan dengan agrowisata kerbau seluas 40 hektar yang masih di dalam area Pantai Cipatujah. Di dalamnya kita bisa melihat dan mempelajari bagaimana cara-cara para peternak beternak kerbau dengan pendekatan secara tradisional. Para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini juga bisa menikmati acara kumpul kebo, yaitu berkumpul bersama kerbau dan para peternak kerbau.

Atraksi lain yang bisa dilakukan di Pantai Cipatujah ini adalah menaiki kerbau yang dimiliki oleh para peternak, dan mencoba bertanding menjadi pembalap kerbau antarsesama wisatawan yang datang ke daerah ini. Atraksi ini sangat diminati oleh wisatawan yang datang, terutama dari wisatawan mancanegara. Atraksi ini merupakan atraksi langka di negara asal wisatawan, karena mungkin di sana tidak ada kerbau yang bisa digunakan untuk balapan seperti di Pantai Cipatujah ini.

Fasilitas yang ada di Pantai Cipatujah antara lain Kios Wisata, Penginapan, Pondok Wisata, Warung-warung makanan dan minuman, Tempat Botram, Panggung Hiburan, Balawista, Gazebo dan Tempat Parkir yang luas. Pergi ke Cipatujah tak lengkap rasanya kalau tak membawa serta keluarga tercinta karena memang banyak pendatang yang seakan menjadikan wisatanya ke Pantai Cipatujah selain menikmati nuansa pantai dengan deburan ombaknya yang besar juga sekadar makan bersama di tepi pantai bersama sanak-keluarga tercinta.

Meskipun untuk sampai di pantai ini membutuhkan waktu, namun semuanya akan terbayar dengan keindahan suasana pantai-pantai tersebut. Semilir angin sejuk dari pantai serta deburan ombak pantai selatan yang selalu bergairah akan mengobati rasa lelah anda selama perjalanan.

Jadi, destinasi wisata Jawa Barat sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain. Salah satunya adalah Pantai Cipatujah ini yang terkenal memiliki ombak yang besar. Pantai Cipatujah terletak di sebelah selatan Kota Tasikmalaya, tepatnya di Kecamatan Cipatujah, Desa Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dengan jarak kurang lebih 74 km dari Kota Tasikmalaya.

Tertarik kah anda untuk mengunjungi wisata pantai selatan kabupaten Tasikmalaya? Jika anda tertarik sebaiknya datang ke Cipatujah... (Style Radio)

0 Response to "Pesona Pantai Tasik Selatan Yang Belum Terungkap"

Posting Komentar